Cara Hard Reset & Factory Reset HP Xiaomi (Semua Tipe) 2020

KancaTekno.com - Cara melakukan hard reset ataupun factory reset pada hp Xiaomi sangatlah mudah, terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih untuk mereset hp xiaomi kembali ke setelan pabrik. Nah, jika anda sedang mencari cara untuk melakukan reset pada hp xiaomi, simak artikel berikut.

Cara Hard Reset & Factory Reset HP Xiaomi (Semua Tipe) 2020

Sejak beberapa tahun terakhir Xiaomi sudah masuk dalam daftar smartphone terlaris dengan banyak peminat di Indonesia. Yap, vendor asal cina tersebut berhasil menjual berbagai tipe smartphone ke berbagai negara, termasuk indonesia.

Hal tersebut tak lepas dari spesifikasi mumpuni yang ditawarkan oleh Xiaomi dengan harga yang terjangkau dan juga desain smartphone yang keren dan kekinian.

Berbicara soal spesifikasi pada smartphone pasti tak ada habisnya, meskipun memiliki spesifikasi yang mumpuni, terkadang smartphone bisa mengalami berbagai masalah seiring dengan penggunaan perangkat tersebut sehingga perlu melakukan hard reset atau factory reset untuk mengatasinya.

Melakukan hard reset atau factory reset pada perangkat xiaomi akan membersikan perangkat dan mengembalikannya pada setelan pabrik seperti pada saat awal membeli hp xiaomi. Dengan begitu, diharapkan error yang terjadi pada perangkat akan teratasi dengan melakukan reset tersebut.

Hal ini bisa menjadi langkah terakhir sebelum anda berpikiran untuk membawanya ke service center atau bahkan membeli smartphone baru.

Jika memiliki dana yang banyak, mungkin sah sah saja, namun bagaimana jika anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli yang baru atau anda sudah terlalu nyaman dengan perangkat tersebut, pastinya anda akan memilih untuk memperbaiki smartphone tersebut.

Dengan melakukan hard reset ini, diharapkan bisa memperbaiki berbagai macam error yang terjadi pada perangkat seperti misalnya mengatasi kamera error, mengatasi lupa pola lockscreen, mengatasi hp lemot, dan lain semacamnya.

Saat akan melakukan hard reset atau factory reset pada hp xiaomi milik anda jangan lupa untuk membackup semua data penting yang tersimpan pada perangkat.

Cara Factory Reset Xiaomi Lewat Pengaturan

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika perangkat masih bisa mengakses homescreen dan bisa membuka pengaturan hp, berikut caranya :
  1. Buka Setelan
  2. Pilih menu Tentang telepon
  3. Selanjutnya pilih menu Cadangkan & setel ulang
  4. Lalu pilih Reset ke setelan pabrik
  5. Terakhir klik Reset ponsel
  6. Tunggu proses factory reset selesai

PENJELASAN :
1.) Pertama-tama langsung saja buka pengaturan atau setelan hp xiaomi anda

2.) Lalu cari dan pilih menu Tentang telepon

Cara Hard Reset & Factory Reset HP Xiaomi (Semua Tipe) 2020

3.) Selanjutnya akan terdapat beberapa opsi, silahkan pilih Cadangkan & setel ulang

4.) Setelah itu scroll kebawah hingga menemukan pilihan Reset ke setelan pabrik, lalu klik menu terssebut

Cara Hard Reset & Factory Reset HP Xiaomi (Semua Tipe) 2020

5.) Pada bagian bawah klik Reset ponsel, biasanya anda akan diminta memasukkan pola layar atau kunci layar jika anda mengaktifkannya.

6.) Berikutnya, tinggal tunggu proses factory reset pada hp xiaomi selesai

Pada beberapa tipe xiaomi, mungkin letaknya sedikit berbeda tergantung dengan versi MIUI yang digunakan. Seperti pada xiaomi redmi 4, redmi 4x, redmi note 4x, redmi 4a dan sejenisnya yang masih menggunakan versi MIUI 10 kebawah kemungkinan letak pengaturan akan berbeda dengan xiaomi redmi note 7 dan generasi selanjutnya yang sudah menggunakan versi MIUI 11 keatas.

Namun, anda bisa langsung menggunakan bar pencarian di pengaturan untuk mencari menu factory reset pada perangkat xiaomi milik anda.

Cara Hard Reset Xiaomi dengan Tombol Power

Untuk cara ini bisa digunakan jika keadaan hp sudah tidak memungkinkan untuk bisa mengakses pengaturan pada hp untuk melakukan factory reset. Sehingga harus melakukan hard reset menggunakan kombinasi tombol power dan volume.

Namun sebelum menggunakan cara ini, pastikan keadaan daya baterai hp terisi penuh atau minimal diatas 70% untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya mati kehabisan daya saat melakukan hard reset dan lain-lain. Berikut ntuk langkah-langkahnya :
  1. Matikan terlebih dahulu hp xiaomi
  2. Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Power + Volume Up
  3. Pilih Bahasa Inggris
  4. Pilih Wipe Data / Factory Reset
  5. Lalu pilih Wipe All Data
  6. Tekan Confirm
  7. Tunggu proses hard reset perangkat xiaomi selesai

PENJELASAN :

1.) Pertama -tama pastikan kondisi baterai dalam keadaan penuh, lalu matikan hp xiaomi milik anda

2.) Jika sudah dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai hp bergetar lalu muncul logo xiaomi

3.) Pilih bahasa inggris, namun untuk xiaomi keluaran terbaru seperti redmi note 7 milik saya ini tidak ada pilihan bahasa, langsung secara otomatis menggunakan bahasa inggris, jadi sesuaikan saja dengan hp xiaomi milik anda

4.) Setelah itu pilih Wipe Data

5.) Lalu pilih Wipe All Data untuk menghapus semua data yang tersimpan pada perangkat xiaomi

6.) Lalu pilih Confirm untuk memulai hard reset hp xiaomi

7.) Selnjutnya proses hard reset akan berjalan, tunggu saja hingga proses hard reset selesai.

Nah, pada saat proses hard reset selesai, maka semua data yang tersimpan pada perangkat xiaomi akan hilang alias bersih seperti pada awal membeli hp.

Cara ini biasa dilakukan untuk mengatasi lupa pola kunci layar pada hp yang pastinya tidak bisa mengakses pengaturan, karena cara ini menggunakan kombinasi tombol pada hp, maka sangat tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Kadua cara di atas bisa anda terapkan pada semua tipe xiaomi, mulai dari xiaomi redmi 4, redmi note 4x, redmi 4a, redmi 5a, redmi 6a, redmi note 7 dan lainnya. Mungkin hanya butuh sedikit penyesuaian saja.

Jadi itulah ulasan mengenai cara hard reset atau factory reset hp xiaomi semua tipe, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan pada perangkat xiaomi milik anda. Terima kasih dan jangan lupa bagikan artikel ini.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Tidak Ada KOmentar

Posting Komentar

Kami memiliki kebijakan dalam berkomentar di blog ini :

- Dilarang promosi suatu barang
- Dilarang memasang link aktif di komentar
- Dilarang promosi iklan yang berbau judi, pornografi dan kekerasan
- Dilarang menulis komentar yang berisi sara atau cemuhan


Dukungan :

Jika menyukai dengan artikel blog kami, silahkan subscribe blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel